Beasiswa Santri Berprestasi dan Donasi Beasiswa JNE SMK Bakti Karya Parigi Pangandaran

by - July 25, 2022

 

Bu, Alhamdulillah saya lolos PBSB di UI. Haru bercampur bangga ketika membaca pesan yang dikirim oleh salah satu siswa di sekolah. PBSB atau Program Beasiswa Santri Berprestasi adalah program beasiswa dari Kementerian Agama yang dikhususkan untuk para santri berprestasi baik di SMA tingkat akhir di seluruh Indonesia. Beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa Strata 1(S1) dan tahun ini Kementerian Agama juga membuka beasiswa untuk tingkat Magister. 26 universitas yang membuka kuota beasiswa santri ini pun merupakan universitas ternama di Indonesia seperti UI, UGM, UIN, IPB, UNAIR, UNJ, Mahad Ali dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan beasiswa santri berprestasi ini tentunya ada beberapa syarat, antara lain santri berasal dari pesantren yang terdaftar di Kementerian Agama, santri mukim di pesantren minimal 3 tahun, memiliki kemampuan berbahas Arab, memiliki kemampuan membaca kitab kuning, memiliki wawasan kepesantrenan dan komitmen implementasi nilai-nilai keislaman yang rahmatan lil alamin, memiliki prestasi akademik dan non akademik yang dibuktikan dengan nilai raport satu tahun terakhir, piagam atau  sertifikat. Syarat-syarat tersebut harus dipenuhi para santri yang mendaftar untuk mendapatkan beasiswa santri berprestasi tersebut. Syarat-syarat tersebut digolongkan ke dalam beberapa tahap seleksi yang meliputi beberapa tahap seleksi yaitu, tahap seleksi administrasi, verifikasi dan validasi data. Kemudian dilanjutkan seleksi tahap 1 berupa tes berbasis elektronik, seleksi tahap 2 berupa tes wawancara dan atau tes lisan, seleksi tahap 2 ini berkaitan dengan kemampuan berbahasa arab dan kemampuan membaca kitab kuning. Yang terakhir adalah seleksi tahap 3 berupa tes SIMAK UI, seleksi tahap 3 ini khusus untuk santri yang memilih untuk mendaftar di Universitas Indonesia.


Karena menjadi tenaga pendidik di salah satu sekolah berbasis pesantren di kota Purbalingga, aku turut menyaksikan perjuangan anak-anak yang mendaftar beasiswa santri berprestasi setiap tahunnya. Dari pihak sekolah sendiri sangat menfasilitasi anak-anak yang ingin melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya, terutama siswa yang ingin  mendapatkan beasiswa santri. Hal ini dibuktikan dengan adanya bimbingan guru mata pelajaran yang diujikan, pengayaan, dan juga bimbingan peningkatan kemampuan  berbahasa arab dan kemampuan membaca kitab kuning setiap harinya.

Dengan penuh rasa bangga, tahun ini beberapa santri menembus universitas-universitas bergengsi impian mereka dengan beasiswa santri berprestasi. Universitas Indonesia (UI), Institit Pertanian Bogor (IPB), UIN Sunan Ampel dan Mahad Aly. Bisa melihat anak-anak berjuang, mengantarkan mereka meraih impian merupakan kebahagiaan tersendiri. Rasa bangga, haru, bahagia bercampur saat harus melepas mereka meraih impian.

Tidak kalah bahagianya saat mendengar bahwa JNE kembali mewujudkan Connecting Happinessnya dengan cara memberikan donasi beasiswa untuk SMK Karya Bakti Parigi Pangandaran beberapa waktu lalu. Sekolah ini merupakan sebuah yayasan pendidikan yang menyediakan beasiswa penuh bagi siswa/i dari seluruh penjuru nusantara, dengan latar belakang budaya yang beragam yang mewakili ke Bhineka Tunggal Ika-an Indonesia. Menurut Ai Nurhidayat, selaku pendiri SMK Bakti Karya (SBK) Parigi Pangandaran yang berdiri sejak 2016 lalu mengatakan, Tahun ini, siswa/i SMK Bakti Karya memasuki angkatan ke 7 kelas multikultural yang berasal dari 7 kota, yaitu Jayapura, Sorong, Ambon, Kupang, Ujungpandang, Palembang dan Pekanbaru. SBK merupakan sekolah multikultural yang membuka beasiswa bagi siswa yang ingin mengenyam pendidikan di sekolah ini.


Acara silaturahmi yang dilangsungkan di Ballroom kantor JNE Jl. Tomang Raya 11, Jakarta Barat pada Selasa, 19 Juli 2022, adik-adik dari SMK Bakti Karya Parigi melakukan office tour dan juga berkenalan dengan M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE, Doedi Hadji selaku Head of Marketing Communication JNE, Ayung Prasetyo selaku Human Capital Operation Division Head. Turut hadir pula Maman Suherman selaku pegiat literasi yang selalu menjunjung tinggi toleransi dan keberagaman di Indonesia dengan memberikan banyak sekali inspirasi dan motivasi untuk seluruh siswa/i yang hadir.

“Dalam menjalankan bisnis, langkah JNE akan tetap memberikan kebahagiaan bagi masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan sesuai dengan semangat Connecting Happiness. JNE akan berkomitmen untuk terus memberikan manfaat yang seluas-luasnya dan sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah memfasilitasi kegiatan belajar mengajar dengan keunikan dan kekhasan siswa-siswi SMK Bakti Karya Parigi Pangandaran yang berasal dari berbagai suku dan daerah Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke.” Begitu kata Bapak M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE. Di usia yang ke 32 tahunnya JNE tidak henti-hentinya menebar kebahagiaan dan manfaat bagi masyarakat dan pelanggan setia JNE sesuai taglinenya Connecting Happiness. Makin bangga dan keren JNE!


You May Also Like

0 comments

Blogger Perempuan