Rekomendasi Wisata Kuliner Saat Mampir Di Purbalingga

by - May 31, 2021

Pada 3 Juni 2021 nanti, bandara baru di Purbalingga, Jederal Besar Soedirman Airport, akan resmi beroperasi. Yang tadinya hanya ada transportasi darat seperti Bus dan Kereta Api,  akan ada transportasi udara juga dong. Jarak Jakarta – Purbalingga yang biasa ditempuh 5-6 jam menggunakan kereta api, atau 8-9 jam menggunakan bus hanya akan ditempuh dengan 1 jam perjalanan dengan pesawat.
Instagram Jbsoedirmanairport

Adanya bandara baru di Purbalingga diharapkan dapat berkontribusi dalam pengembangan  sektor perekonomian dan wisata di Purbalingga dan sekitarnya. Liburan ke Purbalingga makin mudah. Dan yang LDR, jangan kebanyakan alasan lagi. Ada pesawat noh. Ups
Nah, siapa tahu nanti kamu mampir ke Purbalingga. Ada beberapa wisata kuliner yang harus dicoba nih.

Sroto Klamud Toyareja

Soto, Saoto, Sroto, Sauto, Coto, cukup beragam nama dari satu kuliner khas Indonesia yang satu ini. Soto ini seperti sup, hanya saja komposisinya berbeda, pun dengan kuahnya: ada yang bening, ada juga yang santan. Di kota Purbalingga ada salah satu kuliner soto yang begitu unik dan menggugah selera. Adalah Sroto Klamud Toyareja, untuk sampai warung Sroto ini sebenarnya cukup mudah. Hanya saja, Sroto Klamud Toyareja lokasinya tidak dekat dengan jalan raya. Dari jalan raya utama, masuk gang kira-kira lima menit jika menggunakan sepeda motor. Kurang lebih 800 meter.

Satu porsi Sroto Klamud terdiri dari ketupat, irisan daging ayam atau sapi (by request), seledri, daun bawang, kecambah, kerupuk dan ditambah taburan kacang tanah yang sudah dihaluskan untuk menambah rasa gurih. Sedaaap.

Yang unik dari Sroto Klamud ini, selain ada irisan daging ayam atau sapi, ada juga irisan daging kelapa muda sebagai pengganti mie. Kebayang uniknya daging kelapa muda yang masuk ke dalam porsi Sroto, kan?


Sroto dengan campuran daging kelapa muda yang sudah direbus ini tidak hanya manis, tapi juga gurih. Daging kelapa mudanya menambah nikmat santap Sroto ketika dikunyah bebarengan dengan isian Sroto lainnya.

Sebelum dicampurkan ke dalam sroto, kelapa muda terlebih dahulu dikukus menggunakan kuah kaldu untuk menghilangkan rasa kelapa mentahnya. Sang pemilik sekaligus chef di kedai Sroto Klamud Toyareja Ibu Hadiah Rubi Wahyuni atau yang akrab disapa Ibu Yuni ini mengaku melakukan semacam riset. Selama sebulan, beliau terus bereksperimen dengan berbagai variasai sroto, sampai akhirnya terciptalah ide untuk membuat Sroto Klamud ini.


Yang unik lagi adalah cara penyajiannya. Jika biasanya soto disajikan dengan menggunakan mangkuk, penyajian Sroto Klamud Toyareja langsung dengan menggunakan batok kelapa yang masih segar lengkap dengan serabutnya. Selain sroto, di sini juga menyediakan berbagai minuman yang unik sebagai ppendamping makan sroto. Seperti Es Jondol yang berarti Es Kacang Ijo Cendol, Sijo Dolren (isi kacang ijo cendol duren), Kecene Pol (Keju cendol nikmat enake pol) dan lain-lain.


Soto Bancar



Purbalingga ini memang tempatnya kuliner soto, dari berbagai macam soto di wilayah ini ada. Dan yang paling terkenal dan enak yakni Soto Bancar atau Soto Hj. Misdar. Uniknya di Purbalingga itu soto tidak menggunakan nasi, melainkan ketupat. Soto Bancar ini juga menggunakan bahan pelengkap lainnya seperti bihun, tauge, irisan wortel rebus, daun bawang, bawang goreng, kerupuk khas Purbalingga dan tentunya irisan daging ayam atau sapi atau jeroan ayam yang banyak sehingga satu mangkok itu penuh.

Enak disantap sendiri maupun beramai-ramai bersama keluarga atau teman. Untuk menuju lokasi juga sangat mudah, karena terletak di dekat tengah kota Purbalingga, yaitu di Jalan Let. Jend. S. Parman No. 14, Bancar, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.


Gulai Melung

Bicara soal kuliner khas Purbalingga, ada satu kuliner yang wajib banget dicoba saat mengunjungi kota Purbalingga. Kuliner ini berbahan dasar kambing. Ya, adalah Gulai Melung Bu Hadi. 

Gulai Melung disajikan dengan cara yang unik yaitu dengan ditimbang terlebih dahulu. Untuk satu ons daging biasanya menjadi satu porsi gulai. Dan disajikan dengan kuah terpisah. Jika kebanyakan orang tidak menyukai prengusnya daging kambing, tenang saja, gulai melung ini sangat jauh dari kata prengus. Cara memasak dan rempah yang digunakan dalam masakan sangat lengkap sehingga bau tidak sedappun hilang.


Selain gulai daging, di sini juga tersedia olahan kambing lainnya seperti kepala kambing, iga, kaki kambing/dengklik, balungan dan juga sumsum tulang kambing yang tidak kalah enaknya. Maka tidak heran jika sedang mencicipi gulai melung ini anda juga akan mendengar suara-suara orang sedang menyeruput kentalnya sumsum tulang kambing.

Gulai dimasak di dapur di bagian belakang warung dengan cara tradisional yaitu menggunakan tungku dengan kayu bakar. Daging kambing dimasak selama dua jam sehingga daging menjadi empuk dan bumbunya meresap. Setiap harinya pemilik warung memasak gulai sebanyak 8 panci dengan 200 butir kelapa untuk santannya.

Gulai Melung sudah ada sejak 1980-an. Inilah kenapa Gulai Melung menjadi salah satu kuliner yang melegenda di Purbalingga. Dengan cita rasa yang khas, tidak berubah. Diberi nama Gulai Melung karena lokasinya yang terletak di Dusun Melung Desa Larangan Kecamatan Pengadegan. Agak jauh dari pusat kota memang, namun kelezatannya tidak menyurutkan para pecinta kuliner gulai untuk blusukan ke Melung. 

Pakai Smartfren Gokil Max, liburan makin seru



Saat sedang berlibur di luar kota, sinyal internet menjadi salah satu kebutuhan yang penting. Yakali sedang liburan tapi nggak bisa update Sosmed gara-gara susah sinyal atau kuota habis. Kan rugi banget nggak bisa pamer. ehh 

Baru-baru ini Smartfren hadir membawa paket GOKIL MAX dengan harga gokil sekaligus kuota paling besar. Paket baru ini dibekali dengan dukungan jaringan telekomunikasi Smartfren yang 100% 4G LTE dan kuota besar hingga 36 GB yang bisa digunakan internetan sepuasnya, siang atau di tengah malam.

Di Jawa Tengah, paket GOKIL MAX sudah bisa dinikmati di 15 kota di Jawa Tengah bagian utara, yaitu Batang, Brebes, Kota Pekalongan, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Kota Tegal, Jepara, Kudus, Pati, Rembang, Kendal, Kota Semarang, Semarang, dan Kota Salatiga. 

Ada banyak pilihan paket kuota GOKIL MAX ini lho. Mulai dari paker Rp 30.000 dengan total kuota 39 GB sampai paket Rp 70.000 dengan kuota 106 GB. Mantap banget kaan, harganya juga terjangkau dan bisa dipakai di manapun. Liburan makin nyaman dengan pakai GOKIL MAX dari Smartfren dong. Tunggu apalagi, sebelum liburan beli harus GOKIL MAX dulu biar liburannya makin GOKIL!




You May Also Like

0 comments

Blogger Perempuan